ANTARAYA MEDIA, PALOPO – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di bidang literasi dan numerasi.
Melalui program pendampingan Siklus 1, FKIP UNCP melakukan pendampingan intensif kepada guru-guru dan siswa di sekolah-sekolah mitra.
Kegiatan yang berlangsung sejak 14 Oktober hingga 22 Oktober 2024 ini melibatkan dosen FKIP sebagai pendamping utama.
Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi para siswa serta memperkuat kompetensi pedagogik guru.
Program ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mendukung Gerakan Literasi Nasional dan program penguatan numerasi yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Ditjen PAUD Dikdasmen.
Salah satu dosen pendamping mengatakan “Dengan adanya pendampingan ini, kami berharap bisa memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kemampuan siswa, khususnya dalam bidang literasi dan numerasi. Ini juga menjadi wadah bagi guru-guru untuk terus mengembangkan metode pembelajaran yang efektif dan inovatif,” ujar Sri Damayanti, S.S., M.Hum.
(Pendampingan di SDIT Ibnu Sina oleh Tim Dosen dan dihadiri para guru dari SDN 30 Mattirowalie dan SDN 48 Andi Patiware)
Pada tahap Siklus 1 ini, beberapa sekolah di wilayah Kota Palopo, Kabupaten Luwu dan Luwu Utara menjadi target program. Kegiatan open class dilaksanakan di sekolah dengan melibatkan para guru, siswa, serta tim pendamping dari FKIP UNCP.
Dalam open class, guru model berkesempatan untuk menerapkan strategi pembelajaran berbasis literasi dan numerasi yang telah disiapkan, sementara peserta lain, termasuk guru-guru dari sekolah lain, diundang untuk mengamati proses pembelajaran secara langsung.
(Pendampingan di SDN 15 Salolo oleh Tim Dosen dan dihadiri oleh para guru dari SDN 25 Sabbamparu dan SDN 51 Sumarambu)
Setelah sesi open class, diadakan sesi refleksi yang dipimpin oleh tim pendamping FKIP UNCP. Dalam sesi ini, para guru bersama-sama menganalisis jalannya pembelajaran yang telah berlangsung, membahas tantangan yang dihadapi, serta mengevaluasi keberhasilan penerapan strategi literasi dan numerasi.
Para peserta diajak untuk merefleksikan pengajaran yang telah mereka saksikan, dengan fokus pada bagaimana cara meningkatkan hasil belajar siswa.
(Pendampingan di SMPN 2 Bua oleh Tim Dosen dan dihadiri oleh para guru dari SDN 479 Lengkong)
“Refleksi ini sangat penting karena memberi kesempatan bagi para guru untuk melihat kembali apa yang telah mereka lakukan dan apa yang bisa diperbaiki. Kami juga saling bertukar pandangan mengenai metode yang paling efektif untuk mengatasi kesulitan siswa dalam literasi dan numerasi,” kata salah satu guru peserta kegiatan Megawati S.Pd.
(Pendampingan di SMPN 4 Masamba oleh Tim Dosen dan dihadiri oleh para guru dari SDN 097 Katokkoan)
Kegiatan pendampingan ini akan berlanjut dengan Siklus 2 yang direncanakan akan dilaksanakan pada awal Nopember 2024. Melalui program ini, FKIP UNCP berharap dapat terus memberikan kontribusi positif dalam penguatan literasi dan numerasi di sekolah-sekolah mitra dan membantu guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
Dengan mengedepankan kolaborasi dan refleksi, FKIP UNCP berkomitmen untuk terus mendukung kemajuan pendidikan di wilayah Sulawesi selatan. (hms)