Dosen PPKn UNCP Sosialisasi Tentang Pemilu di SMAN 5 Luwu Utara, Perkenalkan Cerdas Memilih

ANTARAYA MEDIA, PALOPO – Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di SMA Negeri 5 Luwu Utara, Senin 8 Januari 2024.

Agenda kegiatan pengabdian masyarakat di sekolah tersebut berupa sosialisasi UU No.7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) dan simulasi pencoblosan Pemilu 2024.

Bacaan Lainnya

Sejumlah dosen PPKn yang menjadi pelaksana dalam kegiatan sosialisasi tersebut adalah Ketua Prodi PPKn Jusrianto SPd MPd, Dr. Sunarni Yassa, SAg MPd, Dr Busra Bumbungan, MPd, Wahyu Hidayat SIP M.H, dan Masluddin, SPd MPd.

Kegiatan dimulai dengan sosialisasi UU Pemilu yang disampaikan oleh Wahyu Hidayat.

Ada beberapa pasal dalam UU Pemilu yang disampaikan kepada siswa diantaranya, pasal tentang pengertian Pemilu, siapa itu Pemilih, siapa saja yang menjadi penyelenggara Pemilu, dan beberapa pasal lainnya yang perlu diketahui para siswa sebagai pemilih pemula.

Selain sosialisasi UU Pemilu, para siswa juga diperkenalkan konsep cerdas memilih.

“Pastikan jangan golput, tolak politik uang, jauhi berita hoaks, dan pelajari rekam jejak siapa yang akan dipilih,” ujar Wahyu di depan para siswa.

Setelah sosialisasi UU Pemilu, kegiatan dilanjutkan dengan simulasi pencoblosan.

Tim pelaksana menyediakan kotak suara, surat suara, dan bilik suara yang dibuat mirip dengan aslinya. Para siswa begitu antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Ketua Prodi PPKn Jusrianto mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda Prodi PPKn UNCP. Tidak hanya di SMAN 5 Luwu Utara, kegiatan serupa juga akan dilaksanakan di dua sekolah lainnya di Luwu.

“Sosialisasi UU Pemilu dan simulasi pencoblosan ini sebagai bekal pengetahuan bagi para siswa sebagai pemilih pemula dalam menghadapi Pemilu Februari 2024 nanti,” katanya. (Hms)

Pos terkait

iklan header