Prodi S2 KPI IAIN Palopo Sukses Laksanakan PKM di Masjid Al-Ikhlas Bupon Luwu

ANTARAYA MEDIA, LUWU – Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Pascasarjana IAIN Palopo berkolaborasi dengan Masjid Al-Ikhlas sukses melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM).

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, pada Jum’at (29/9/23) bertempat di masjid Al-Ikhlas Dusun Gantungan, Desa Tampumia Kecamatan Bua Ponrang Kabupaten Luwu.

Bacaan Lainnya

Adapun bertindak sebagai pembawa hikmah dalam peringatan Maulid ini Dr. Syahruddin, M.HI yang juga dosen KPI.

Sekretaris Prodi S2 KPI IAIN Palopo, Rahman mengatakan kegiatan PkM dihadiri oleh seluruh masyarakat Dusun Gantungan, baik dari unsur tokoh masyarakat, Imam Desa, maupun masyarakat pada umumnya.

“Acara dimulai dengan pembukaan, dan pembacaan ayat suci al-Qur’an oleh Suhut Nirwanto mahasiswa Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) IAIN Palopo,” katanya.

Selanjutnya, Dr. Syahruddin, M.HI menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan tema maulid yaitu “Meningkatkan Keteladanan Nabi Muhammad saw. di Momentum Kelahirannya”.

Dalam hikmahnya, Dr. Syahruddin, M.HI. menyampaikan ada banyak hal yang bisa kita teladani dari Nabi Muhammad saw, diantaranya mengenai sifat positif, sifat benar, sifat amanah sehingga dapat dipercaya.

Beliau juga memaparkan bahwa Rasulullah saw. dalam berkata dan bertindak selalu dengan benar karena beliau selalu mengedepankan niat yang ikhlas, tulus, dan benar sebelum berperilaku.

Selama menyampaian hikmahnya, Dr. Syahruddin, M.HI. juga menyelipkan beberapa kisah-kisah sebagai gambaran amalan ikhlas serta hal-hal yang relevan dengan zaman sekarang.

Setelah menyampaikan hikmah pada kesempatan ini, beliau menutup dengan pembacaan doa.

Acara berlangsung meriah dengan antusiasme warga yang rebutan bunga male, yaitu telur rebus yang dihias sedemikian rupa yang ditancapkan pada batang pisang .

Hal ini merupakan sebuah tradisi di Sulawesi Selatan pada umumnya yang dilaksanakan setiap perayaan Maulid Nabi Muhammad saw. Di akhir acara, masyarakat setempat beramai-ramai menikmati hidangan yang telah disajikan di atas nampan. (Rls)

Pos terkait

iklan header