Tim LLDIKTI Wilayah IX SULTANBATARA Lakukan Kunjungan ke UNCP, Dukung Implementasi Program RPL

ANTARAYA MEDIA, PALOPO – Tim Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX SULTANBATARA melakukan kunjungan ke Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP).

Kunjungan tersebut dalam rangka evaluasi dan pendampingan asesmen untuk mendukung implementasi program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini berlangsung pada Senin, 26 Mei 2025, bertempat di Aula E UNCP, dan dihadiri oleh Rektor dan Wakil Rektor UNCP, para Dekan dan Wakil Dekan, serta para Direktur lingkup UNCP.

Rektor UNCP, Rahman Hairuddin, S.P., M.Si., dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada LLDIKTI Wilayah IX yang telah hadir langsung di kampus UNCP.

“Kami tentu berharap melalui kegiatan ini UNCP bisa lebih baik lagi dalam pelaksanaan program RPL, baik dari segi manajemen maupun teknis pelaksanaannya,” ujar Rektor.

Mewakili LLDIKTI Wilayah IX, Muh. Tahir Hamzah menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari tugas evaluasi yang dilaksanakan di masing-masing wilayah untuk memastikan pelaksanaan program RPL berjalan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan.

“Melalui pendampingan ini, kita berharap dapat bersama-sama memastikan bahwa pelaksanaan RPL di UNCP sesuai dengan standar dan aturan yang berlaku. Kehadiran kami di sini adalah untuk mendukung penuh proses tersebut,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Pelaksana Program RPL UNCP, Dr. Patmaniar, S.Pd., M.Pd., menyampaikan laporan terkait pelaksanaan program RPL di UNCP, khususnya pada Program Studi Magister Pendidikan Matematika. 

Laporan tersebut mencakup progres pelaksanaan, capaian, serta tantangan yang dihadapi, yang kemudian mendapat tanggapan dan masukan konstruktif dari pihak LLDIKTI Wilayah IX.

Kegiatan ini menjadi bagian penting dalam upaya UNCP memperkuat implementasi program RPL sebagai bentuk pengakuan atas pengalaman dan pembelajaran nonformal yang dimiliki oleh mahasiswa, khususnya dalam mendukung peningkatan akses dan kualitas pendidikan tinggi. (***)

Pos terkait