5 Daerah Terkaya di Sulsel, Ada Palopo dan Luwu Timur

Foto; Protokol Pemkot Palopo

ANTARAYA MEDIA, SULSEL – Sulawesi Selatan merupakan provinsi terbesar di Pulau Sulawesi. Provinsi ini memiliki 24 kabupaten/kota. Terdiri dari 3 kota madya dan 21 kabupaten. Berada di posisi strategis, Sulawesi Selatan memiliki sumber daya alam (SDA) yang cukup banyak.

Berdasarkan survei Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022, ada lima daerah dengan tingkat kemiskinan paling rendah di Sulawesi Selatan .

Bacaan Lainnya
  1. Makassar

Makassar adalah salah satu dari empat pusat pertumbuhan utama di Indonesia, bersama dengan Medan, Jakarta, dan Surabaya. Apalagi berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tingkat kemiskinannnya hanya 4,58% paling rendah dibandingkan wilayah lainnya.

  1. Sidrap

Secara geografis, Kabupaten ini terletak di sebelah Utara Kota Makassar, tepatnya diantara titik koordinat : 3043–4009 Lintang Selatan dan 119041 – 120010 Bujur Timur.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tingkat kemiskinannnya hanya 5,11% paling rendah dibandingkan wilayah lainnya.

3. Pare-Pare

Kabupaten atau Kota terkaya di Provinsi Sulawesi Selatan selanjutnya adalah Kota Parepare, daerah ini dikenal memiliki berbagai macam sumber daya alam dan tempat-tempat strategis lainnya. Bahkan dalam data yang dihimpun BPS, jumlah kemiskinan di Kota Parepare hanya menyentuh angka 5,41%.

Menjadi hal menarik lainnya, dari Kota Parepare ialah kota tempat lahir preside Habibie yang menjadi salah satu Presiden terbaik di Indonesia.

  1. Luwu Timur

Kabupaten ini memiliki luas wilayah 6.944,98 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2021, berjumlah 296.741 jiwa. Luwu Timur terdiri atas 11 Kecamatan yakni Kecamatan Malili, kecamatan Angkona, Tomoni, Tomoni Timur, Kalena, Towuti, Nuha, Wasponda, Wotu, Burau dan Mangkutana.

Sementara untuk tingkat kemiskinannya hanya 6,81 % di tahun 2022.

  1. Palopo

Kota ini juga masuk dalam daerah terkaya di Sulawesi Selatan. Kekayaan yang dimiliki Kota Palopo selain daripada tempat wisata, juga ada sumber daya alamnya yang tersedia. Sedangkan tingkat kemiskinan penduduknya hanya 7,78%. (*)

Pos terkait

iklan header