ANTARAYA MEDIA, PALOPO — Belakangan ini sejumlah pelanggan Perumda Tirta Mangkaluku (Perumda TM) yang berdomisili di sekitar Jalan Andi Tenriadjeng (ex. Jalan Cakakalang) mengeluhkan kondisi air yang didistribusikan ke rumah mereka.
Air yang diterima pelanggan seringkali berbau, keruh, bahkan tidak mengalir secara normal. Keluhan ini masuk baik melalui aduan langsung ke Perumda TM maupun melalui unggahan di media sosial.
Menindaklanjuti hal tersebut, tim Perumda TM melakukan survei lapangan dan menemukan adanya beberapa titik kebocoran pada pipa distribusi. Kondisi ini menyebabkan air terkontaminasi, baik oleh air got maupun air laut yang masuk melalui titik kebocoran. Namun, upaya perbaikan pipa yang lama tidak memungkinkan lagi dilakukan karena posisinya berada di bawah bangunan rumah dan toko milik warga.
Sebagai solusi, Perumda TM melakukan peremajaan jaringan dengan mengganti pipa distribusi sepanjang 250 meter di Jalan Andi Tenriadjeng.
Pantauan pada Selasa, 2 Agustus 2025, terlihat para pekerja mitra Perumda TM melakukan penggalian tanah di bahu jalan sebagai persiapan pemasangan pipa baru. Kegiatan ini berlangsung di bawah pengawasan langsung Manajer Distribusi Muh. Abdi Madjid, didampingi Asisten Manajer Distribusi Saharuddin, Asisten Manajer Penanggulangan Kebocoran Air Trisno, serta Supervisor PKA Wilayah Selatan Andi Maqnum.
Direktur Operasional Perumda TM H. Hamid S.N mengatakan pipa yang mengalami kebocoran tidak lagi difungsikan karena tidak dapat ditanggulangi dan sudah terbilang tua.
“Sehingga kami lakukan penggantian pipa dan pemindahan titik pemasangan pipa baru yakni di antara bahu jalan dan trotoar. Penggantian pipa ini sebagai upaya menjamin kualitas dan kuantitas air ke pelanggan yang selama ini menjadi keluhan pelanggan,” urai Direktur Operasional H. Hamid S. N. saat ditemui di ruang kerjanya.
“Harapan kita dengan penggantian pipa ini, air yang didistribusikan khususnya di sekitaran Jalan Andi Tenriadjeng (ex. Jalan Cakakalang) tidak lagi berbau dan keruh sehingga kebutuhan air bersih masyarakat pelanggan dapat terpenuhi dengan baik,” tutup H. Hamid. (hms)






