Peran Penting PLN ULP Belopa dalam Menjaga Kontinuitas Listrik di Kabupaten Luwu

ANTARAYA MEDIA, LUWU – Listrik telah menjadi salah satu kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-hari. Setiap kegiatan, dari yang sederhana hingga yang kompleks, bergantung pada pasokan listrik yang stabil.

Kabupaten Luwu, dengan populasi yang terus bertambah dan perkembangan infrastruktur yang pesat, menjadi area yang sangat membutuhkan pasokan listrik yang andal.

Untuk memastikan hal ini terjadi, PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Belopa memainkan peran penting dalam menjaga kontinuitas listrik melalui kegiatan pemeliharaan yang berkala dan efektif.

Salah satunya yaitu melakukan penggantian dan pemeliharaan penghantar / Kabel saluran udara Tegangan Menengah dengan tujuna :

  1. Mencegah Kerusakan dan Kegagalan
    Pemeliharaan preventif pada rekonduktor SUTM membantu mencegah terjadinya kerusakan yang lebih serius atau kegagalan fungsi. Melalui pemeriksaan rutin dan perawatan berkala, teknisi dapat mengidentifikasi potensi masalah dan mengambil langkah-langkah perbaikan sebelum situasi menjadi lebih buruk.
  2. Memperpanjang Umur Pakai Rekonduktor
    Pemeliharaan yang baik dapat memperpanjang umur pakai rekonduktor SUTM. Dengan menjaga kondisi fisik dan operasionalnya, rekonduktor dapat terus berfungsi dengan optimal dalam jangka waktu yang lebih lama.
  3. Menjaga Keamanan dan Kestabilan Jaringan
    Rekonduktor SUTM yang terawat dengan baik juga membantu menjaga keamanan dan kestabilan jaringan distribusi listrik. Kerusakan pada rekonduktor dapat menyebabkan gangguan yang tidak hanya mengganggu pasokan listrik, tetapi juga berpotensi membahayakan keselamatan masyarakat dan properti.
  4. Meningkatkan Efisiensi Energi
    Dengan memastikan bahwa rekonduktor SUTM beroperasi secara optimal, PLN dapat mengoptimalkan penggunaan energi dan mengurangi kerugian energi dalam proses distribusi. Hal ini berkontribusi pada efisiensi energi secara keseluruhan dan membantu mengurangi dampak lingkungan dari penggunaan listrik. (hms)

Pos terkait