Selesai KKN, 1.126 Mahasiswa UNCP Seminarkan Hasil Program

ANTARAYA MEDIA, PALOPO – Sedikitnya 1.126 mahasiswa Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) telah mengikuti KKN Tematik Periode 1 Tahun 2024.

Usai KKN, Unit Pengelola KKN UNCP menggelar Penerimaan sekaligus Seminar Hasil program.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual pada tanggal 1 April 2024 dengan tema kegiatan KKN Tematik Periode I ini yaitu “Membangun Desa Melalui Transformasi Teknologi”.

1.126 mahasiswa telah mengikuti KKN ini yang berlangsung mulai dari tanggal 21 Februari – 26 Maret 2024.

Lokasinya tersebar di 12 kecamatan yaitu Kecamatan Wotu, Burau, Tomoni, Angkona, Sukamaju, Bonebone, Sukamaju Selatan, Walenrang Utara, Bua, Bua Ponrang, Bajo Barat dan Larompong Selatan.

Seminar dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Cokroaminoto Palopo Rahman Hairuddin, S.P., M.Si.

Dalam sambutannya, Rahman sangat mengapresiasi kinerja, antusiasme, semangat, kerja keras mahasiswa dalam melaksanakan program kerja di lokasi KKN.

Ia juga berpesan kepada mahasiswa setelah KKN, “tetap memperhatikan proses akademik selanjutnya, karena setelah KKN ini masih ada proses akedemik lainnya seperti proposal, penelitian dan proses perkuliahan jika masih ada mata kuliah yang diprogramkan,” jelas Rahman.

Kepala UP KKN, Aryadi Nurfalaq, S.Si., M.T dalam kesempatan ini, mengucapkan terima kasih kepada segenap pihak yang mendukung dan membantu terlaksananya seluruh rangkaian kegiatan KKN ini mulai dari proses pendaftaran hingga seminar hasil ini berlangsung.

“Terima kasih kepada pimpinan Universitas Cokroaminoto Palopo yang telah memberikan arahan dan masukan selama kegiatan ini, Direktur akademik, keuangan, direktur Sistem Informasi, serta dosen Pembimbing yang selalu meluangkan waktunya untuk memberikan nasehat dan bimbingan kepada mahasiswa,”

“Juga Pemerintah Kecamatan dan Desa yang telah bersedia menerima dengan baik mahasiswa kami untuk berKKN di tempatnya, kepada segenap mahasiswa peserta KKN Tematik Periode I Tahun 2024 terima kasih atas kerja samanya selama pelaksanaan KKN ini terkhusus kepada para korcam dan kordes yang membantu mengkoordinir mahasiswa di lokasi KKN,” pungkas Aryadi.

Seminar hasil mahasiswa KKN Tematik Periode I tahun 2024 ini dilaksanakan secara daring via Zoom Meeting pada tanggal 1 April 2024 dihadiri 742 mahasiswa dan secara luring dilaksanakan pada tanggal 4 April 2024 di Aula Gedung B Kampus I UNCP dihadiri sebanyak 235 mahasiswa.

Dalam pemaparannya, mahasiswa didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan masing-masing.

Melalui seminar hasil ini, mahasiswa melaporkan beberapa program kerja yang telah dilaksanakan diantaranya: Penyuluhan Pertanian “Teknik Penanaman Sayuran di Lahan Pekarangan di Desa Pammesakkang Kecamatan Bua.

Launching rumah baca di Kecamatan Sukamaju Selatan, Pelatihan Peningkatan Kapasistas Gen Z “Transformasi Digital dalam Dunia Pertanian yang Berkelanjutan dan Berpenghasilan” Kec. Bonebone.

Kemudian Pelaksanaan kegiatan Penanaman pohon Mangrove di Desa Balo-Balo Kec. Wotu, Pelatihan corel/canva untuk kelas XII SMA di Kec. Wotu, Pelatihan Dasar Kepemimpinan (LDK) kepada Pemuda di Desa Tarip Kec. Tomoni dan masih banyak lagi kegiatannya lainnya.

Rangkaian kegiatan penerimaan dan seminar hasil KKN Tematik Periode I Tahun 2024 ini ditutup dengan kegiatan sosial. Mahasiswa KKN bersama Unit Pengelola KKN melaksanakan pembagian takjil berbuka puasa bagi pengendara. Kegiatan ini dipusatkan di Jalan Jenderal Sudirman tepatnya di depan Kantor Wali Kota Palopo. (hms)

Pos terkait

iklan header