Kolaborasi PLN dengan Dinas Perkimtan Toraja Utara dalam Inventarisasi PJU

ANTARAYA MEDIA, TORAJA UTARA – PLN dan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Perkimtan) Toraja Utara telah menjalin kerja sama strategis untuk menginventarisasi Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kecamatan Rantepao.

Kolaborasi ini melibatkan partisipasi aktif dari anggota kelurahan setempat, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas penerangan jalan dan keamanan lingkungan bagi masyarakat.

Bacaan Lainnya

Latar Belakang dan Tujuan
Inventarisasi PJU ini adalah langkah awal untuk memastikan bahwa seluruh wilayah di Kecamatan Rantepao mendapatkan penerangan yang memadai.

Dengan penerangan yang baik, diharapkan akan terjadi pengurangan angka kriminalitas serta kecelakaan lalu lintas pada malam hari. Selain itu, penerangan yang baik juga dapat mendukung aktivitas ekonomi dan sosial masyarakat di malam hari.

Pelaksanaan Program

  1. Survey dan Pendataan: Tim dari PLN dan Dinas Perkimtan, bersama anggota kelurahan, melakukan survey langsung ke lapangan untuk mengidentifikasi titik-titik yang membutuhkan perbaikan atau penambahan PJU. Survey ini melibatkan pencatatan kondisi fisik lampu, posisi geografis, dan kebutuhan daya.
  2. Analisis Data: Data yang terkumpul kemudian dianalisis untuk menentukan prioritas perbaikan dan pemasangan baru. Analisis ini mencakup evaluasi tingkat penerangan saat ini, kepadatan penduduk, dan wilayah-wilayah yang dianggap rawan.
  3. Rencana Tindakan: Berdasarkan hasil analisis, dibuatlah rencana tindakan yang mencakup perbaikan lampu yang rusak, pemasangan lampu baru di lokasi yang belum terjangkau, serta peningkatan kualitas jaringan listrik yang mendukung PJU.
  4. Pelaksanaan Teknis: Implementasi di lapangan dilakukan oleh tim teknis dari PLN dengan dukungan logistik dan sumber daya dari Dinas Perkimtan. Pemasangan dan perbaikan lampu dilakukan sesuai dengan standar keselamatan dan efisiensi energi yang telah ditetapkan.
    Peran Anggota Kelurahan
    Anggota kelurahan memiliki peran penting dalam kelancaran pelaksanaan program ini. Mereka bertugas untuk:
  • Menginformasikan kebutuhan spesifik setiap wilayah kepada tim pelaksana.
  • Membantu dalam proses pengumpulan data dan pengawasan pelaksanaan di lapangan.
  • Memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya pemeliharaan PJU dan cara melaporkan jika ada kerusakan.
    Penutup
    Kolaborasi antara PLN dan Dinas Perkimtan Toraja Utara dalam inventarisasi Penerangan Jalan Umum di Kecamatan Rantepao merupakan contoh nyata dari sinergi antara pemerintah dan masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup bersama.

Dengan dukungan dan partisipasi aktif dari semua pihak, diharapkan program ini dapat berjalan lancar dan memberikan hasil yang optimal bagi kesejahteraan masyarakat setempat. (hms)

iklan header

Pos terkait