Libukang Fest 2023 Isi Rangkaian HUT Palopo ke-21, Dipastikan Meriah

ANTARAYA MEDIA, PALOPO – Lomba perahu Bala-bala dan lomba perahu hias bakal mewarnai rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Palopo ke-21 tahun yang diperingati setiap 2 Juli. Event ini dirangkai dalam kegiatan Libukang Fest 2023.

Penanggung Jawab Libukang Fest, Ilham Hamid mengatakan ada beberapa item dalam kegiatan yang akan digelar di Pelabuhan Tanjung Ringgit dan Pulau Libukang itu.

“Yang pertama itu ada kegiatan lomba Perahu Bala-bala, kemudian Lomba Perahu Hias dan Manre Sappera, itu nantinya akan melibatkan unsur masyarakat khususnya masyarakat nelayan,” kata Ilham Hamid, Rabu (13/6/23).

Tiga item kegiatan itu masih tahap pembahasan internal oleh panitia pelaksana dan belum masuk tahap finalisasi untuk teknisnya.

“Dan tentunya semua ini belum memasuki final pembahasan,”lanjut Ilham Hamid yang juga Asisten 2 Pemkot Palopo.

Rencananya, ketika semua item kegiatan ini sudah fix, diharapkan tokoh masyarakat yang berada di pesisir pantai akan berperan didalamnya, seperti para nelayan.

“Jadi kalau kegiatan ini sudah fix dari hasil rapat bersama ketua panitia inti, diharapkan masyarakat yang berada di pesisir pantai turut berperan. Dan kalau tidak salah itu ada empat kecamatan yang merupakan masyarakat pesisir pantai, seperti Kecamatan Wara Selatan, Wara Timur, Wara Utara dan Kecamatan Bara,” Jelas Ilham Hamid.

Festival Libukang ini, Lanjut Ilham Hamid, akan dilaksanakan pada Minggu pertama pada bulan Juli 2023 yang akan berlangsung selama dua hari. Jika tak ada perubahan, pelaksanannya dijadwalkan 8 hingga 9 Juli 2023.

“Festival ini dikhususkan untuk masyarakat Kota Palopo khususnya nelayan. Walaupun jika terdapat masyarakat dari luar yang ingin ikut serta itu nanti kita akan atur atau nanti kita liat dari hasil rapat. Dan untuk juara lomba itu juga belum diketahui sampai juara berapa mau direbut, nantinya itu semua akan dibahas pada rapat inti,” bebernya.

Diketahui ada 7 event yang akan dilaksanakan pada peringatan Hari Jadi Palopo ke-21. Dimulai dari Rapat Istimewa Paripurna DPRD. Kemudian Palopo Fashion Carnaval (PFC), Malam Harmoni Palopo, Lomba Mendongeng dan Pidato.

Juga ada Palopo Expo, Libukang Fest, Lomba Paduan Suara, dan Palopo Night Race. Selain itu, juga akan dilakukan peresmian Gedung baru DPRD Palopo, Sirkuit Ratona Motor Sport, dan Mall Of Palopo (MOP) atau Menara Pusat Kuliner dan Cendramata. (cc)

Pos terkait

iklan header