Pemkot Palopo Gelar Rakor Inovasi Daerah Bahas Peningkatan Kinerja dan Pelayanan Publik

ANTARAYA MEDIA, PALOPO – Pemkot Palopo melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) menggelar rapat koordinasi (Rakor) Inovasi Daerah Tahun 2023.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Balitbangda Palopo Hj St Baderia mewakili Pj Wali Kota Palopo Asrul Sani, di Auditorium Saokotae, Kamis (12/10/2023) pagi.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Pembangunan Inovasi dan Teknologi Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Palopo Selaku Panitia Pelaksana Suciati selaku Ketua Panitia menyampaikan
maksud dan tujuan kegiatan ini.

Yaitu merumuskan koordinasi dan kolaborasi seluruh stakeholder dalam penyelenggaraan inovasi Daerah Pemerintah Kota Palopo dengan meningkatkan motivasi ASN Perangkat Daerah dan unit kerja lingkup Pemerintah Kota Palopo untuk menghadirkan budaya inovasi dalam pelayanan kemasyarakatan serta dalam pelaksanaan program dan kegiatan sehari-hari

“Meningkatkan indeks inovasi Daerah Pemerintah Kota Palopo menjadikan inovasi dalam meningkatkan daya saing Daerah dan kesejahteraan masyarakat Kota Palopo,” katanya.

Kepala Balitbangda Hj St Baderia membawakan sambutan Pj Wali Kota Palopo mengatakan inovasi daerah pada hakikatnya ditujukan untuk mendukung peningkatan kinerja Pemerintah Daerah dan pelayanan publik secara optimal dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat

“Inovasi Daerah sebagaimana yang dimaksud dalam Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah didefinisikan sebagai semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah,” jelasnya.

Inovasi Daerah dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk yaitu inovasi tata kelola Pemerintah Daerah Inovasi Pelayanan Publik dan atau inovasi Daerah lainnya.

Sesuai dengan urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah namun demikian suatu ide atau gagasan untuk dapat menjadi inovasi Daerah harus melalui tahapan yang secara rinci diatur dalam peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang inovasi Daerah.

Turut hadir pada Rapat tersebut pimpinan perangkat daerah, tim peneliti inovasi daerah Kota Palopo, narasumber serta para tamu undangan lainnya. (Hms)

Pos terkait

iklan header