Perumda TM Raih 3 Penghargaan di Ajang Top BUMD Award 2023

ANTARAYA MEDIA, JAKARTA – Prestasi luar biasa dicapai Perumda Tirta Mangkaluku (TM) Palopo, di ajang Top BUMD Award 2023.

Pada ajang tersebut, Perumda TM memboyong tiga kategori award Top BUMD 2023.

Bacaan Lainnya

Acara ini digelar Majalah Top Business bekerjasama Institut Otonomi Daerah (i-OTDA), Rabu (5/4/2023) malam di Hotel Raffles Jakarta.

Ketiga penghargaan itu masing-masing Top Pembina BUMD 2023 yang diberikan kepada Walikota Palopo, Drs HM Judas Amir MH, Top CEO BUMD 2023 kepada Direktur Utama (Dirut) Perumda TM, Ir M Tawakkal, dan Top BUMN Award bintang 4 untuk Perumda TM Palopo.

Penghargaan ini diterima langsung Walikota, HM Judas Amir, bersama Dirut Perumda TM, M Tawakkal, beserta Direktur Operasional, Abd Hamid, dan Direktur Umum & Keuangan, Ris Akril. Hadir pula, Ass.man Humas Perumda TM Palopo, Novitasari Basmin, dan Plt Kadis Kominfo, Wahyuddin SAN.

Ketua penyelenggara Top BUMD Award sekaligus pemimpin Majalah TopBusiness, M Lutfi Handayani, menyebut ajang tersebut mereka laksanakan setiap tahun, dan ini memasuki tahun kedelapan.

Dari 208 BUMD di Indonesia, Perumda TM Palopo berhasil keluar sebagai penerima award.

“Ada aspek pembelajaran di balik Top BUMD Award 2023, salah-satunya meningkatkan kinerja BUMD, di sini BUMD bisa saling sharing kesuksesan, kita harapkan ke depan BUMD semakin berkontribusi memajukan daerahnya,” kata Lutfi.

Dirut Perumda TM, M Tawakkal, mengungkapkan dari tahun ke tahun kinerja Perumda TM terus membaik.

Indikator itu, terlihat dari aspek keuangan meningkat dengan cash ratio sebesar 0,06, aspek pelayanan meningkat pada indikator kualitas air pelanggan sebesar 0,07, dan aspek SDM meningkat dengan indikator rasio Diklat Pegawai/Peningkatan Kompetensi sebesar 0,04%. Secara Nasional, Perumda TM naik peringkat dari posisi 49 ke posisi 33 dari 389 BUMD Air Minum se Indonesia di mana penilaiannya mencakup 4 aspek yakni keuangan, pelayanan, operasional, dan SDM.

“Di Sulsel, Perumda TM berada di peringkat pertama BUMD Air Minum, lewat sejumlah inovasi yang sudah kita tempuh seperti memperbaiki SOP truk tangki dilengkapi sistem GIS sehingga posisi serta kecurangan bisa diminimalisir.

Jika sebelumnya pendapatan dari penjualan air lewat truk tangki flat Rp4 juta, setelah memakai sistem GIS pendapatan melonjak Rp20.000.000 hingga Rp30.000.000,” papar Tawakkal.

Selain itu, perbaikan SOP pengambilan barang di gudang (satu baru vs satu bekas) juga membawa dampak, termasuk penjualan aksesoris bekas menjadi sumber pendapatan lain-lain serta mengganti mekanisme kerja lembur sistem 5 hari kerja untuk layanan sub bisnis 24 jam (produksi, distribusi, PKA) sehingga tercipta efisensi di perusahaan.

Direktur Umum dan Keuangan, Ris Akril, menambahkan keberhasilan Perumda TM berada di peringkat 1 BUMD berkinerja baik se Sulsel atas capaian kinerja yang terus meningkat. Versi BPP SPAM Kemenpu, skor kinerja Perumda TM 2022 sebesar 3,66 kemudian meningkat 3,77 di 2022 sementara versi Kemendagri skor di 2022 63 dan di 2022 meningkat menjadi 68. “Hasil audit BPKP masih sementara berjalan, dan kemungkinan nilainya bisa lebih tinggi lagi,” sebut Ris Akril.

Hasil audit Kantor Akuntan Publik (KAP) Agus Indra & Jery atas laba PDAM setelah pajak juga meningkat pada 2021 sebesar Rp1.431.503.699 meningkat pada 2022 menjadi Rp2.167.747.498 atau dengan kenaikan sebesar Rp736.243.799. (Hms)

Pos terkait

iklan header