Bersaing Nasional, Mahasiswi Kimia UNCP Dianugerahi Peneliti Terbaik Program IRN 2023

ANTARAYA MEDIA, PALOPO – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh mahasiswa Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) dari Fakultas Sains.

Kali ini salah satu mahasiswi program studi Kimia mampu bersaing dalam kompetisi Indofood Riset Nugraha (IRN).

Bacaan Lainnya

Armayanti, mahasiswi Kimia UNCP dianugerahi sebagai Peneliti Terbaik Program IRN Tahun 2023-2024, pada acara Webinar IRN 2023 melalui zoom meeting, Selasa (31/10/23).

Armayati sebelumnya tidak menyangka akan masuk ke dalam daftar penerima hibah penelitian kompetitif sekelas IRN yang sulit untuk diperoleh. Dari 649 Proposal hanya 64 proposal yang didanai, termasuk penelitiannya.

“Alhamdulillah, saya tidak menyangka bisa menjadi peneliti terbaik IRN tahun ini. Saat meneliti saya menerapkan ilmu yang diperoleh selama kuliah. Sebagai reward saya akan mengikuti Scientific Tour Singapore bersama dengan 3 peneliti lainnya,” kata Armayanti.

Ia juga seperti bermimpi, anak seorang petani rumput laut yang dirawat oleh Nenek semenjak Mama pergi ke surga, bisa mencapai hal luar biasa ini. Terima kasih Kampus tercinta Universitas Cokroaminoto Palopo.

Sementara, Nurmalasari,S.Si.,M.Sc menyebutkan bahwa usung judul penelitian Uji Perbandingan Kualitas Edible Film dari Ekstrak Karagenan Rumput Laut Euchema Cottonii dan Gracillaria SP, penelitian Armayanti memperoleh hibah 14 juta.

“Yang tidak kalah membanggakan dan membuat haru adalah terpilihnya mahasiswa kita ini sebagai salah satu peneliti terbaik, bersanding dengan mahasiswa yang berasal UI, IPB dan UGM,” tandas Nurmalasari.

Adapun Direktur PT.Indofood Sukses Makmur Tbk. Fransiscus Welirang, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan IRN merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) yang pada tahun ini memberikan hibah kepada 64 Proposal penelitian akhir mahasiswa.

Ketua Tim Pakar IRN, Prof Dr. Ir. Purwiyatno Hariyadi, M.Sc. menyampaikan selamat kepada 4 peneliti terbaik salah satu diantaranya adalah Armayanti dari Program Studi Kimia Universitas Cokroaminoto Palopo.

“Penelitian Mahasiswa itu bukan hal secanggih apa alat yang digunakan, tetapi seberapa baik ide disampaikan,” ucap Purwiyatno.

Indofood Riset Nugraha (IRN) adalah program penghargaan, berupa bantuan dana penelitian bagi peneliti unggul mahasiswa S1 dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dalam rangka menyelesaikan tugas akhir/skripsi dalam bidang penganekaragaman pangan. (Hms)

Pos terkait

iklan header