Panwascam Bonebone Luwu Utara Buka Perekrutan Pengawas Desa, Cek Persyaratan dan Tahapannya

ANTARAYA MEDIA, LUWU UTARA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Luwu Utara melalui Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kecamatan Bonebone, membuka perekrutan panitia pengawas kelurahan dan desa (PKD) untuk Pemilu 2024.

Ketua Panwascam Kecamatan Bone-bone Nirmala Sudarti mengatakan perekrutan PKD dibuka untuk 10 desa dan 1 kelurahan yang ada di Kecamatan Bonebone. Nantinya setiap desa akan diisi 1 orang PKD.

Bacaan Lainnya

Nirmala merincikan sejumlah tahapan yang harus dilalui pendaftar PKD.

Dimulai pengumaman pendaftaran dimulai 9 Januari sampai 13 Januari 2023.

Kemudian penerimaan berkas dimulai 14 Januari sampai 19 Januari 2023, sekaligus penelitian dan kelengkapan berkas.

“Setelah itu, perbaikan berkas pendaftaran 20 Januari sampai 22 Januari 2023,” kata dia.

Kemudian pengumuman masa perpanjangan pendaftaran 23 Januari 2023. Masa perpanjangan pendaftaran 24 sampai 26 Januari 2023.

Setelah itu dilakukan rapat pleno peserta yang lulus seleksi administrasi pada 27 Januari 2023. Pengumuman lulus seleksi administrasi 28 Januari 2023.

Kemudian taggapan dan masukan masyarakat 28 Januari sampai 3 Februari 2023.

Tes wawancara 31 Januari sampai 2 Februari 2023.

Pleno penetapan calon anggota PKD 3 Februari 2023.

Pengumuman penetapan anggota PKD 4 Februari 2023.

Pelantikan Panwaslu kelurahan dan desa 5 sampai 6 Februari 2023.

Adapun sejumlah persyaratan calon anggota PKD diantaranya, pertama Warga Negara Indonesia (WNI).

Kedua, saat pendaftaran berusia paling rendah 21 (dua puluh satu) tahun.

Ketiga, setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

Kemudian, mempunyai integritas, berkepribadian yang kuat, jujur, dan adil. Memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan Penyelenggaraan Pemilu, ketatanegaraan, kepartaian, dan pengawasan Pemilu.

Berpendidikan paling rendah Sekolah Menengah Atas atau sederajat. Berdomisili di kecamatan setempat yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika. Mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun pada saat mendaftar sebagai calon;

Kemudian mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan/atau di badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah apabila terpilih.

Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.

Bersedia bekerja penuh waktu yang dibuktikan dengan surat pernyataan. Bersedia tidak menduduki jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan/atau badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah selama masa keanggotaan apabila terpilih.

Tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama Penyelenggara Pemilu. Dan mendapatkan izin dari atasan langsung untuk mengikuti seleksi dan bekerja penuh waktu apabila terpilih.

Adapun berkas yang dibutuhkan diantaranya surat lamaran yang ditujukan kepada Panwaslu Kecamatan Bonebone, fotocopy KTP, pass foto berearna terbaru ukuran 4×6 sebanyak 3 kembar.

Fotocopy ijazah terakhir yang dilegalisir, daftar riwayat hidup, surat keterangan sehat dari rumah sakit atau puskesmas.

Surat keterangan bebas narkoba (dilampirkan sebelum pelantikan bagi yang sudah dinyatakan lulus).

Surat rekomendasi izin dari atasan langsung bagi yang bekerja.

Dan surat penryataan (diambil di sekretariat Panwaslu Kecamatan Bonebone).

Bagi calon anggota PKD dapat membawa lamaran ke Sekretariat Panwaslu Bonebone di Jalan Pendidikan No.51 Tanimba. Untuk informasi lebih lanjut hubungi: 0821 3637 1865 (Ludfi) 0852 4275 5734 (Fatma). (Adv)

Pos terkait

iklan header