Sholat Id di Masjid Agung, Pj Wali Kota Ajak Doakan Jamaah Haji Palopo di Tanah Suci

ANTARAYA MEDIA, PALOPO – Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani SH., M.Si, mengikuti pelaksanaan Sholat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1445 H/2024, di Masjid Agung Luwu Palopo, Senin, (17/06/2024).

Bertindak sebagai Imam pada pelaksanaan Shalat Id ini yakni, Abdul Rosid, yang merupakan alumni pesantren Datok Sulaiman yang juga penghapal Tahfiz 30 juz.

Bacaan Lainnya

Pembawah Khutbah, Prof. Dr. H.M Sattu Alang, MA, dalam ceramahnya memberikan beberapa nasehat untuk umat bagaimana melakukan pengabdian kepada Allah SWT.

“Bagaimana kita menjalankan perintahnya dan menerapkan ke dalam kehidupan ini, saling mengingatkan untuk taat peduli dan menjadi hamba Allah yang mempunyai sifat dermawan,” kata Prof. Sattu Alang.

Sementara itu Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani SH., M.Si, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya ilmu dan kedermawanan para ulama untuk diteladani.

“Kekuatan ini adalah potensi yang tidak boleh dipisahkan satu sama lain, yang harus melekat di diri kita. Suatu keharusan agar berjalan beriringan demi kemajuan diri,” kata Asrul Sani.

Berdasarkan semangat itu, Asrul mengajak kepada semua agar memanfaatkan momentum Idul Adha sebagai wadah perekat Ukhuwah Islamiyah, khususnya dalam menhadapi tahapan pilkada serentak 2024.

“Dinamika demokrasi seringkali memicu terjadinya pergeseran nilai-nilai sosial, olehnya saya mengajak kepada semua agar menyingkirkan segala bentuk sikap, sifat dan perilaku egosentri pada diri masing-masing dan selanjutnya saling merangkul satu sama lain,” katanya.

Asrul juga mengimbau, untuk mewujudkan pelaksanaan Pilkada 2024 Kota Palopo menjadi pemilu yang damai, aman dan tetap menjunjung tinggi semangat persaudaraan.

“Jangan mudah terpancing isu dan segala bentuk provokasi yang dapat memecah belah persatuan di antara kita. Berdoa dan berharap segala aktifitas dalam pilkada 2024 senantiasa dalam lindungan Allah SWT,” ujarnya.

Pada pergantian musim ini, Asrul juga mengingatkan, agar tetap mewaspadai sejumlah penyakit menular yang mengkhawatirkan.

“Di antaranya ialah demam berdarah, influensa dan diare. Mari mencegah dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar kita, agar tidak terpapar penyakit tersebut,” imbaunya.

Mengakhiri sambutannya, Asrul mengajak para jamaah bersama mendoakan keselamatan dan kesehatan bagi seluruh jamaah haji asal Kota Palopo yang tengah menunaikan rangkaian ibadah haji.

“Semoga mereka kembali ke tanah air dengan selamat dan membawah keberkahan bagi daerah kita. Kita yang berniat untuk ke Baitullah, semoga Allah SWT memberi kemudahan, kemampuan untuk mengunjungi tanah suci,” tuturnya.

“Akhirnya atas nama Pemerintah Kota Palopo dan seluruh Masyarakat Kota Palopo, pribadi dan keluarga, saya mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 10 dzulhijja 1445 H Taqabbalallahu Minna wa Minkum, Taqabbal ya Karim,” tandasnya.

Pelaksanaan Idhul Adha di Masjid Agung Luwu Kota Palopo ini juga dihadiri unsur Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Kota Palopo, Ketua Umum Dewan Pengurus Masjid Agung Luwu Palopo.

Selain itu, turut dihadiri tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan semua kalangan masyarakat jamaah sholat Idhul Adha. (hms)

iklan header

Pos terkait